Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Mati Sendiri

Tips Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Mati Sendiri – Laptop mati sendiri disaat mengerjakan tugas atau main game tentu sangat menyebalkan, Laptop yang sering kepanasan atau overheat akhirnya sering mati sendiri perlu penanganan secepatnya ini dapat mengakibatkan mati total.
Postingan ini sebenarnya jawaban dari teman-teman di kampus, karena ada beberapa teman yang laptopnya cepat panas dan sering mati sendiri. Setelah saya koreksi ternyata ada beberapa penyebab yang menjadikan masalah tersebut. Jika anda juga mengalaminya maka segera ambil langkah-langkah dibawah ini:
Laptop Cepat Panas

Penyebab Laptop Overheat (Kepanasan)

Laptop cepat panas dan kadang mati sendiri disebabkan beberapa hal diantranya:

1. Kipas Prosesor Mati

Permasalahan yang pertama ini jika tidak segera ditangani maka akan berakibat fatal, untuk mengeceknya silahkan arahkan tangan pada pada saluran pembuangan angin disebelah samping laptop, jika tidak ada angin keluar bisa saja kipas prosesor mati atau dengan cara mendengarkan putaran kipas, karena jika masih normal pasti akan berbunyi disaat kipas prosesor hidup.

2. Banyak Debu pada saluran pembuangan dan kipas prosesor

Debu dapat mengakibatkan pembuangan udara terhambat dan putaran kipas kurang maksimal, ini akan mengakibatkan suhu udara menjadi panas.

3. Termal Pasta yang sudak kering

Termal pasta pada prosesor yang membantu untuk pendingin prosesor jika sudah kering dan mengeras bisa juga prosesor menjadi cepat panas.

4. Kinerja Ram Menurun

Hardware perlu perawatan dan kontrol karena sudah pasti akan mengalami kerusakan, jika ram rusak maka laptop akan cepat panas. ini bisaanda cek dengan software cek performa ram.

Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Mati Sendiri

Setelah melihat beberapa penyebab diatas, maka perlu solusi jitu untuk mengatasi beberapa persoalan yang menjadikan laptop cepat panas dan mati mendadak, berikut yang harus anda lakukan:
1. Jika Permasalahannya adalah kipas prosesor yang mati maka segera ganti kipas prosesor yang baru. Jika tidak maka laptop akan mati dengan sendirinya karena kepanasan. ini pernah dialami oleh sahabat saya yang sebelumnya sudah saya kasih tahu tapi tidak percaya akhirnya masuk ke tempat service untuk ganti kipas prosesor.
2. Bersihkan hardware laptop anda dari debu, mulai dari jalur udara kipas sampai pada kipasnya juga. dan beberapa hardware lainnya seperti keyboard, Ram dll. Untuk membersihkan RAM silahkan copot terlebih dahulu dan berssihkan dengan Penghapus karet. Sebaiknya bersihkan laptop setiap 1 tahun sekali untuk menjaga performa agar tetap bekerja maksimal.
3. Periksa termal pasta, apakah sudah mengeras dan kering atau belum. jika sudah kering silahkan ganti pasta yang baru namun bersihkan pasta yang sudah kering terlebih dahulu kemudian diganti yang masih basah (termal pasta baru).
4. Jika ram yang kinerjanya menurun maka langkah strategis yang perlu anda lakukan adalah ganti yang baru. Namun sebelum diganti baru alangkah lebih baiknya bersihkan terlebih dahulu. jika dirasa masih tetap sama baru ganti yang baru.
Demikian informasi seputar tips komputer tentang Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Mati Sendiri, semoga dapat bermanfaat dan memberikan solusi pada laptop kesayangan anda.
Silahkan Baca juga artikel menarik lainnya : Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca

Leave a Reply