Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca

Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca – Flashdisk adalah alat transfer data paling banyak digunakan didunia yang bisa gunakan pada sistem operasi windows xp, windows 7, windows 8 atau windows 8.1 dan windows 10, dengan harga yang murah menjadikan orang banyak yang memiliki. Dengan flashdisk kita bisa transfer file, dokument dari komputer ke laptop atau sebagai alat penyimpan dokumen.
Dengan banyak produk flashdisk di pasaran, kualitas flashdisk harus benar-benar dipertahankan, salah satu brand yang sering saya gunakan adalah toshiba, kingstone, sony dll. yang termasuk tergolong awet dan harganya standar. dengan kegunaannya untuk transfer data, jadi hardware ini sering rusak atau eror tidak terbaca oleh perangkat usb komputer atau laptop. yang harus dilakukan adalah selalu merawat dengan baik. lantas bagaimana merawatnya?

Advertisement
flashdisk tidak terbaca

Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Cepat Rusak

Tidak ada barang buatan manusia yang tidak akan rusak, namun sebelum rusak kita dapat mencegahnya terlebih dahulu untuk meminimalisir kerusakan. diantaranya adalah:
1. Selalu eject flashdisk setiap ingin dilepas.
2. Jangan sering jatuh
3. Tidak sering kepanasan
4. Jangan terkena air
5. Selalu segarkan dengan antivirus untuk terhindar dari virus.

Cara Mengatasi Flashdisk (USB) Tidak Terbaca

Ada beberapa hal yang menyebabkan flashdisk tidak terbaca pada usb komputer, laptop atau netbook. diantaranya adalah:

1. Port USB yang rusak

Flashdisk tidak terbaca biasanya karena usb yang rusak, untuk mengatasinya silahkan gunakan komputer lain untuk cek USB, jika pada USB lain berfungsi maka sudah pasti USB laptop atau komputer anda bermasalah.

2. Faktor Rusak Hardware

Flashdissk adalah buatan manusia, jika sudah lama digunakan biasanya akan rusak dengan sendirinya. Kerusakan pada hardware flashdisk akan menyebabkan flashdisk tidak terbaca atau selalu minta format. untuk masalah ini, anda harus membeli yang baru.

3. Driver USB

Ini adalah masalah yang sering saya alami, driver USB laptop yang belum terinstal akan mengakibatkan USB tidak bisa deteksi perangkat. Solusinya cari driver yang sesuai. namun sebelumnya cek terlebih dahulu dengan USB yang lain.

Note:

Jika Flashdisk sering tidak terbaca di beberapa USB, segera amankan file didalamnya. dan langsung lakukan Format Flashdisk.

Selalu scan virus dengan antivirus terbaik yang anda miliki, pastikan antivirus selalu update untuk scan virus lebih maksimal.

Flashdisk tidak terbaca ada kalanya karena USB longgar, untuk mengatasinya anda cukup goyang-goyangkan flashdisk atau menekannya.

Demikian share tentang Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan melihat penyebab dan mencoba untuk mengatasi. Semoga dapat bermanfaat. terima Kasih

Leave a Reply